Salah Satu Kekeliruan dalam Pelaksanaan Kurban

0
67

Kekeliruan ini termasuk tingkat yang paling banyak didapatkan setiap tahun. Dimana ketika menyembelih tidak menenangkan hewan dengan menyembunyikan pisau (tetapi justru mengasah pisau di depannya), bahkan menyembelih dan menguliti hewan kurban di hadapan hewan-hewan kurban lain yang masih hidup.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda :

“Sesungguhnya Allah telah mewajibkan bersikap ihsan (berbuat baik) terhadap segala sesuatu. Maka jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan cara yang baik. Jika kalian menyembelih maka sembelihlah dengan cara yang baik. Hendaklah kalian menajamkan pisaunya dan menenangkan hewan sembelihannya.” (HR. Muslim).

Kesimpulan :

“Di antara melakukan kebajikan dalam penyembelihan adalah hendaknya orang yang menyembelih hewan ternak atau burung tidak melakukan penyembelihan, sementara binatang sejenis menyaksikannya.

Sesungguhnya binatang sejenis juga merasakan hal serupa di mana kemudian mereka menjadi takut yang berakibat pada ketersiksaan batin dan rasa pedih di dalam hati.

 

BAGI
Artikel sebelumnyaCatatan Shalat Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat Ied
Artikel selanjutnyaJadi Relawan Dengan Cara Sederhana
Dedi Suwandi aktif sebagai karyawan Yayasan Nuurusshiddiiq Cirebon. Hal itu diyakininya sebagai cara untuk bisa belajar lebih banyak dari orang lain. Belajar untuk sukses, tentang kesabaran, tentang perjuangan hidup, bahkan tentang hal sederhana yang kerap dilupakan orang; bersyukur. Selama lebih dari 5 thn menjalani aktifitas, memberinya pengalaman hidup yang menurutnya patut dirangkai, kemudian dibagikan kepada orang lain. Dedi, panggilan akrab pria asal Jatibarang ini, lahir di Indramayu 25 Februari 1982.

TULIS BALASAN

Tuliskan komentar!
Tuliskan nama di sini