Persaksian Orang Terhadap Diri

0
152

Anas R.A berkata: Ketika ada jenazah lewat, maka sahabat-sahabat memuji mayyit tersebut atas kebaikan kelakuannya. Maka Nabi SAW bersabda: “Wajabat” (pasti baginya), kemudian ada lain jenazah lewat dan orang-orang menyebut-nyebut kejahatannya, Nabi pun bersabda: “Wajabat” (pasti baginya).

Maka Umar bin Khattab bertanya, apakah “Wajabat” itu?” Jawab Nabi SAW: Itu tadi kamu memuji jenazah karena kebaikan-kebaikannya, maka pasti ia masuk surga. Dan yang ini kamu sebut-sebut kejahatannya, maka pasti ia masuk neraka. Kamu sebagai saksi Allah di atas bumi ini (HR. Bukhari Muslim) dalam kitab Riyadhus Shalihin, bab pujian orang pada si mayyit.

Sesungguhnya manusia di sekitar kita, manusia yang kenal dengan kita dapat memberikan persaksiannya di hadapan Allah SWT ketika kita wafat. Mereka termasuk yang akan menentukan apakah kita ke neraka ataupun ke surga.

Persaksian mereka atas perbuatan kita semasa hidup kelak punya pengaruh ketika kita menghadap Allah SWT, maka penting bagi kita untuk selalu berbuat baik pada sesama, penting bagi kita untuk membantu dan peduli pada sesama, penting bagi kita selalu menjalin hubungan baik dengan sesama dan sebisa mungkin menghindari dari menyakiti, melukai, memusuhi dan merugikan orang lain dalam kehidupan kita yang singkat ini.

Buatlah kebaikan-kebaikan di sepanjang kehidupan kita. Bahagiakan orang lain, perlakukan orang lain dengan sebaik-baiknya, kelak semuanya akan kembali pada diri kita sendiri.

BAGI
Artikel sebelumnyaSaya Iri
Artikel selanjutnyaMaulid Nabi NSQ 2016
Dedi Suwandi aktif sebagai karyawan Yayasan Nuurusshiddiiq Cirebon. Hal itu diyakininya sebagai cara untuk bisa belajar lebih banyak dari orang lain. Belajar untuk sukses, tentang kesabaran, tentang perjuangan hidup, bahkan tentang hal sederhana yang kerap dilupakan orang; bersyukur. Selama lebih dari 5 thn menjalani aktifitas, memberinya pengalaman hidup yang menurutnya patut dirangkai, kemudian dibagikan kepada orang lain. Dedi, panggilan akrab pria asal Jatibarang ini, lahir di Indramayu 25 Februari 1982.

TULIS BALASAN

Tuliskan komentar!
Tuliskan nama di sini