Kecewa Pada Manusia

0
171

Tentang orang lain, sebenarnya kita hanya mengenal luarnya saja tidak dalamnya. Saya dan Anda misalnya, Anda tahu apa soal saya? Saya juga tidak tahu siapa sebenarnya Anda.

Kita perlu paham soal ini, supaya tidak kecewa kalau tahu siapa sebenarnya dia. Banyak orang yang kecewa oleh orang lain bukan karena orang itu berbuat jahat, tapi karena orang itu tidak seperti yang dibayangkannya. Tidak sebaik yang dikiranya, akhirnya disebelinnya orang itu.

Inilah penyebabnya, kenapa kita sering kecewa pada manusia. Maka jangan terlalu tinggi menilai seseorang, terlampau berat beban itu untuk dipikul.

Biasa saja, bahkan terhadap orang yang Anda kira sempurna sekalipun. Sebab tak ada manusia yang sempurna, karena kesempurnaan mutlak milik Allah ta’ala.

Bagaimana pun juga dia adalah manusia biasa seperti halnya saya dan juga Anda. Tak perlu kita menyanjungnya secara berlebihan, siapapun dia apalagi saya kan?

Biasa sajalah kita mah. Kadang benar, kadang salah, ketika dalam berteman atau berinteraksi kita saling memahami hal ini. Maka saya tidak akan kecewa jika kelak saya tahu bahwa Anda ternyata tidak sebaik yang saya kira.

Dan Anda juga tidak akan kecewa, jika kelak tahu bahwa saya ini ternyata tidak sebijak yang Anda kira. Saya seperti Anda manusia yang punya kekurangan.

Jika selama ini hanya kebaikan saja yang kelihatan, tidak berarti saya sempurna. Melainkan karena Allah masih menutupi aib dan kekurangan yang saya miliki. Jangan heran jika suatu saat nanti Allah perlihatkan sisi kelam kita, toh kesempurnaan mah hanya milik Allah.

BAGI
Artikel sebelumnyaAmplop Yang Berisi
Artikel selanjutnyaLupa Diri
Dedi Suwandi aktif sebagai karyawan Yayasan Nuurusshiddiiq Cirebon. Hal itu diyakininya sebagai cara untuk bisa belajar lebih banyak dari orang lain. Belajar untuk sukses, tentang kesabaran, tentang perjuangan hidup, bahkan tentang hal sederhana yang kerap dilupakan orang; bersyukur. Selama lebih dari 5 thn menjalani aktifitas, memberinya pengalaman hidup yang menurutnya patut dirangkai, kemudian dibagikan kepada orang lain. Dedi, panggilan akrab pria asal Jatibarang ini, lahir di Indramayu 25 Februari 1982.

TULIS BALASAN

Tuliskan komentar!
Tuliskan nama di sini