Infused Water

0
120

Belakangan ini sedang ramai tentang infused water. Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui apa itu infused water. Bahkan mungkin sudah ada yang rutin mengkonsumsi air infus ini. Tapi mungkin juga sebagian besar dari kita ada yang belum mengetahui tentang minuman ini. Apa sih sebenarnya infused water itu?

Nah, kali ini kita akan membahas tentang infused water. Asal muasalnya, apa itu infused water, khasiatnya, cara membuatnya, dsb. Disari dari berbagai sumber. Jadi simak terus ya sampai habis.

Asal muasal infused water
Kalau di era modern sekarang yang pertama mempopulerkan infused water ini adalah seorang blogger dari Amerika bernama Amy Pogue. Dia terinspirasi dari masa kecilnya yang selalu diberi minuman dengan potongan lemon di dalamnya oleh Ibunya. Tapi sebenarnya Nabi Muhammad sudah membuat ini loh dari dulu. Penasaran kan? Nanti akan kita bahas di akhir ya. Ikuti terus.

Apa itu infused water?
Infused water sebenarnya adalah air putih/mineral yang diberi potongan-potongan buah/herbal sehingga memiliki sensasi rasa buah/herbal tertentu (tegantung buah yang dimasukkan). Gampangnya, adalah air mineral yang biasa kita minum hanya saja diberi potongan buah/herbal di dalamnya. Biasanya kita masukkan dalam gelas/toples/botol lalu ditutup dan diamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air berubah rasa. Biar lebih tahan lama sebaiknya diamkan di dalam kulkas.

Khasiat infused water
Ini adalah khasiat dari infused water berdasarkan buah/herbal yang kita masukkan:

1. Strawberry dan Kiwi
Bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular, menguatkan sistem kekebalan, menurunkan gula darah, dan memperlancar pencernaan.
2. Teh hijau + daun mint + jeruk nipis
Bermanfaat untuk pembakaran lemak, pencernaan, meredakan sakit kepala, mengatasi susah buang air besar, dan menjaga kesehatan pernapasan.
3. Timun + jeruk nipis + lemon
Bermanfaat untuk mengatasi kembung, mengontrol nafsu makan, mengatasi dehidrasi, dan menjaga kesehatan pencernaan.
4. Lemon, jeruk nipis
Manfaatnya sebagai sumber vitamin C dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Cara membuat infused water

Cara membuatnya mudah saja. Tidak perlu biaya mahal. Yang penting ada air, buah, dan tempat meyimpannya (bisa botol, toples, atau gelas bertutup).

1. Langkah pertama adalah menyiapkan buah yang akan dimasukkan. Buah sebisa mungkin yang segar dan sudah cukup matang. Dan jangan memilih buah yang banyak mengandung air. Karena kurang bagus jika dibuat untuk infused water.
2. Cuci bersih buah yang akan dipotong. Lalu masukkan potongan buah ke dalam air mineral yang sudah disiapkan. Dalam setengah liter bisa di isi dengan 10-15 potongan tipis buah.
3. Masukkan infused water tadi ke dalam kulkas dan biarkan selam kurang lebih 3 jam.
4. Konsumsi air infus tersebut sebelum makan. Agar gizinya dapat segera diserap tubuh.
5. Sisa buah tadi masih bisa dibuat untuk infused water sekali lagi. Tapi hanya untuk 1 kali pemakaian lagi. Tidak bagus jika dipakai berulang-ulang.
6. Infused water bisa bertahan selama 3-5 hari saja. Tergantung isi buahnya.

Keunggulan infused water
Infused water memiliki beberapa keunggulan. Selain untuk kesehatan kita, infused water juga mudah dibuat karena bahan-bahannya yang mudah kita dapatkan. Siapa saja dapat membuatnya. Dapat memberi variasi rasa dalam meminum air mineral yang normalnya tidak berasa. Bahan-bahan yang tidak mahal tetapi dapat memberikan gizi dan mineral yang banyak.

Infused water ala Rasulullah
Seperti yang sudah disinggung di atas. Bahwa Rasulullah sendiri sudah meminum infused water sejak lama. Kegemarannya adalah air rendaman kurma atau kismis. Dikenal dengan nama nabeez. Cara membuatnya sama dengan infused water buah/herbal. Air mineral yang sudah masak dimasukkan kurma (kurma ajwa dan bagusnya dalam bilangan ganjil) atau kismis. Diinapkan semalam lalu diminum keesokan paginya.
Airnya diminum dan buahnya dimakan. Buahnya tidak perlu dikunyah karena sudah sangat lembut sekali direndam dalam air semalaman. Air nabeez adalah minuman yang mengandung akali, yang dapat membantu dalam proses pembuangan kelebihan asam pada perut dan memulihkan sistem pencernaan tubuh. Juga membantu menyingkirkan zat toksin berbahaya dari dalam tubuh. Berguna sebagai detox.
Perlu diingat, dalam membuat nabeez jangan mencampur kurma dan kismis dalam satu wadah. Pilih salah satu saja. Air nabeez jangan sampai melewati 2 hari. Karena air tersebut akan mengalami proses fermentasi dan airnya akan mengandung alkohol. Tadinya bersifat sunah tetapi jika sudah mengandung alkohol akan menjadi haram. Harap diperhatikan.

Demikian pembahasan tentang infused water. Boleh dicoba untuk bisa merasakan khasiatnya. Perhatikan lagi buah-buah/herbal yang baik dan kurang baik untuk infused water. Semoga bermanfaat.

TULIS BALASAN

Tuliskan komentar!
Tuliskan nama di sini