Hikayat Orang Yang Mempunyai Sifat Takabur Menjadi Tawadlu

0
105

Diriwayatkan oleh Mathrof bin Abdillah, pada suatu hari dirinya bertemu dengan seseorang yang senang sekali memakai pakaian bagus dan gila pangkat. Jika sedang berjalan ia membusungkan dada dan menginginkan semua orang menghormatinya.

Lalu Mathrof berkata kepada orang tersebut, “Wahai tuan! Gaya berjalanmu adalah gaya yang dibenci oleh Allah dan Rosul-Nya!” Orang tersebut merasa terhina dan merasa tidak dihormati kemudian dengan nada marah ia berkata, “Apakah kamu tidak mengenal saya?”

Dengan nada enteng Mathrof menjawab, “Saya sangat mengenal Anda dengan baik tuan, Anda adalah asalnya air mani yang hina dan akhirnya akan menjadi bangkai yang hina juga, dan sekarang Anda berada diantara dua perkara itu selamanya menjadi tempat kotoran yang dibawanya kemana saja Anda pergi!”

Diceritakan setelah mendengar jawaban dari Mathrof seperti itu, orang tersebut menyadari kekeliruannya dan akhirnya ia tobat kepada Allah swt, meninggalkan segala tingkah lakunya yang sombong dan menggantinya dengan ketawadluan serta kerendahan hati. Karena ia sadar sehebat apapun dirinya tidaklah akan ada artinya bila di bandingkan dengan kehebatan Allah swt, manusia menjadi mulia karena dimuliakan oleh Allah swt.

Wallohu’alam.

TULIS BALASAN

Tuliskan komentar!
Tuliskan nama di sini