Hikayat Keutamaan Basmalah

0
152

Diriwayatkan bahwa ada seorang kafir Yahudi lelaki jatuh cinta kepada seorang kafir Yahudi perempuan. Karena saking cintanya sampai-sampai orang tadi bertingkah laku seperti orang gila. Tidak merasakan nikmatnya makan atau minum. Kemudian si Yahudi berkunjung kepada salah satu orang ‘alim besar yang bernama Syeh Atho’il Akbar dan menceritakan apa yang sedang dirasaknnya.

Syeh Atho’il Akbar lalu menulis lafadz basmalah di atas kertas dan memberikannya kepada si Yahudi tadi sambil berkata, “Telanlah kertas ini mudah-mudahan Allah swt akan menghilangkan rasa cintamu kepada kepada wanita tersebut!” Singkatnya setelah kertas yang ada lafadz basmalah tadi ditelan, kemudian si Yahudi tadi berkata kepada Syeh ‘Atho, “Wahai Syeh! Sekarang saya sudah merasakan manisnya iman dan terang benderanglah cahaya keimanan di dalam hati saya, sehingga saya sekarang sudah dapat melupakan wanita yang saya gandrungi, maka dari itu ajarkanlah agama Islam kepada saya.”

Kemudian Syeh Atho pun mengajarkan tentang ilmu-ilmu agama Islam kepada orang Yahudi tersebut. Singkatnya, setelah mendapat pelajaran tentang bab agama Islam, seketika orang Yahudi tadi memeluk agama Islam sebab berkahi lafadz basmalah.

Di tempat lain, si wanita yang dicintai oleh orang Yahudi itu mendengar bahwa lelaki yang selama ini mencintainya sudah masuk Islam, lalu ia pun pergi juga ziarah ke rumah Syeh Atho, sesampainya di rumah Syeh ia berkata, “Ya Imamal Muslimin! Saya ini adalah wanita yang dicintai oleh orang lelaki Yahudi yang sudah masuk Islam ditanganmu, dan saya tadi malam bermimpi bertemu dengan seseorang yang berkata kepadaku begini: Kalau kamu ingin tahu tempat mu di surga maka datanglah berziarah ke rumah Syeh Atho. Sebab Syeh Ato yang akan memberi tahu tempatmu di surga kelak! Maka dari itu saya sekarang datang kesini adalah perlu agar tuan berkenan menunjukkan dimana letak surga yang akan menjadi tempatku itu.”

TULIS BALASAN

Tuliskan komentar!
Tuliskan nama di sini