Hikayat Iblis

0
122

Wahab bin Munabbih menceritakan, Allah swt telah memerintahkan kepada Iblis untuk mendatangi Rosululloh saw, serta harus menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh Nabi saw. Lalu iblis pun datang kepada Nabi saw, dengan menyerupai seorang kakek-kakek yang memiliki wajah pucat.

Rosululloh bertanya, “Anda ini siapa?” Jawabnya, “Saya adalah Iblis!” Rosul, “Ada keperluan apa?” Jawabnya, “Saya diperintah oleh Allah swt untuk menjumpai dan menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh anda!” Kemudian Rosul bertanya, “Ada berapakah musuh kamu dari ummatku?”

Iblis menjawab, “Ada lima belas golongan, yang pertama adalah engkau Muhammad, 2. Pemimpin yang Adil, 3. orang kaya yang tawadlu, 4. Pedagang yang jujur,  5. Orang ‘Alim yang khusu’dalam sholatnya, 6. Orang Mu’min yang suka memberi nasehat, 7. Orang mukmin yang mempunyai sifat kasihan, 8. Orang yang suka bertaubat, 9. Orang yang waro’. 10. Orang yang melanggengkan sesuci, 11. Orang yang banyak shodakohnya, 12. Orang yang punya akhlak yang bagus, 13. Orang yang mengabdikan dirinya untuk orang lain, 14. Orang yang hapal al-qur’an dan membiasakan membacanya, 15. Orang yang suka melaksanakan kiyamul lail di tengah orang lain terlelap dalam tidurnya”.

Kemudian Rosululloh saw bertanya lagi kepada Iblis, “Hai Iblis! Ada berapakah teman-temanmu dari golongan umatku?” Iblis menjawab, “Teman-temanku dari golongan umatmu ada sepuluh golongan! Yaitu:1. Hakim yang korup, 2. Orang kaya yang sombong, 3. Pedagang yang khianat, 4. Pemabuk, 5. Orang suka Namimah / Ghibah, 6. Orang yang riya, 7. Pemakan harta anak yatim, 8. Orang yang menganggap enteng sholat, 9. Orang yang menahan zakat, 10. Tulul amal ( orang yang punya angan-angan panjang / merasa hidupnya masih lama ). Ini semuanya saudara saya kata Iblis.”

Na’udzubillah mindzalik, semoga kita semua dijauhkan dari segala tipu daya dan godaan Iblis laknatulloh. Amiin.

TULIS BALASAN

Tuliskan komentar!
Tuliskan nama di sini